POTENSI PANAS BUMI INDONESIA

2018/06/15

Bisnis Online sebagai Usaha Sampingan

Saat ini keadaan perekonomian diakui maupun tidak diakui tidak dalam kondisi bagus. Pertumbuhan ekonomi mentok tidak lebih dari 5,2% per tahun, cukup jauh dari target awal pemerintahan sebesar 7%. Dengan pertumbuhan tidak sesuai target maka peluang kerja di sektor formal jauh menurun. Sehingga penyerapan angkatan tenaga kerja tidak berlangsung optimal. Hal yang dilakukan orang-orang saat ini adalah mencari peluang bisnis sendiri. Beberapa orang mencari peluang bisnis yang bisa dilakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Banyak orang dari berbagai profesi, saat ini mencari peluang bisnis online sebagai usaha sampingan. Ada artikel telah membahas secara khusus peluang bisnis online untuk PNS dilihat dari karakteristik pekerjaannya.

JENIS-JENIS PELUANG BISNIS ONLINE SEBAGAI USAHA SAMPINGAN

Bisnis online dapat kita bagi menjadi 2 jenis yaitu yang bermodal dan tanpa modal. Pertanyaannya memang ada ya bisnis yang tanpa modal. Jawabannya ada,  tapi sebelumnya kita urai maksud 2 jenis bisnis online tersebut. Maksud modal disini adalah barang/jasa yang kita tawarkan. Bisnis online bermodal artinya barang/jasa yang ditawarkan memang milik kita yang ditawarkan melalui media online. Jadi yang dulunya ditawarkan secara offline konvensional sekarang ditawarkan secara online. Untuk jenis yang kedua, barang/jasa yang ditawarkan baik langsung maupun tidak langsung adalah barang orang lain. Kita hanya sebagai marketing perantara penjualan/penawaran.

Selanjutnya yang akan diurai lebih lanjut adalah jenis kedua. Karena untuk jenis pertama, karena perbedaannya hanya dari sisi penawaran barang/jasa. Untuk jenis kedua ini ada 2 sistem yang bisa diterapkan yaitu sistem dropship dan sistem affiliasi. Keduanya memiliki persamaan dan perbedaan yang prinsip. Persamaan yang utama adalah kita tidak memiliki barang/jasa yang ditawarkan. Perbedaan utamanya adalah dari interaksi dengan (calon) konsumen. Untuk dropship, kita masih beinteraksi dengan (calon) konsumen kita sehingga apabila ada komplain tentang produk/jasa ditujukan ke kita. Sedangkan affiliasi sama sekali tidak ada interaksi dengan kita.

Sebagai sampingan, sistem dropship dan affiliasi ini paling cocok sebagai usaha sampingan karena kita tidak repot dan bermodal kecil. Mekanisme dropship adalah kita menawarkan produk/jasa apabila ada konsumen yang tertarik mereka akan membayar produk/jasa kepada kita. Selanjutnya kita akan memesan/membeli kepada suplier. Suplier tersebut akan mengirimkan barang/jasa yang dipesan kepada konsumen langsung atas nama kita. Sedangkan untuk sistem affiliasi, kita hanya menawarkan barang/jasa berupa link atau banner. Apabila. Konsumen tertarik terhadap produk/jasa lewat link kita, dan membelinya maka kita akan mendapat komisi. Semua interaksi penjual dan konsumen dilakakukan tanpa keterlibatan kita. Semua dilakukan dengan sistem yang ada.

SISTEM AFFILIASI PILIHAN SISTEM BISNIS ONLINE PALING COCOK SEBAGAI USAHA SAMPINGAN

Menurut saya apabila kita ingin berbisnis online sebagai usaha sampingan dan tidak ingin repot,  sistem affiliasi adalah pilihan utama. Dengan sistem affiliasi ini kita tidak perlu bermodal,  tidak perlu stock barang dan tidak akan kena semprotan konsumen yang tidak puas. Banyak orang suksea dengan sistem ini karena kita bisa menawarkan barang sebanyak mungkin tanpa repot dengan interaksinpenjual konsumen yang kadang melelahkan. Sistem affiliasi ini juga menjadi salah satu peluang peluang bisnis online untuk PNS.  Demikian peluang bisnis online sebagai usaha sampingan. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment